Rinjani Darurat Sampah! Dinas Pariwisata Provinsi NTB Bentuk Satgas Rinjani Bersih

Senin 24 Juli 2017, Dinas Pariwisata Provinsi NTB launching satuan tugas atau Satgas Rinjani Bersih di Mataram. Satgas Rinjani Bersih dibentuk dalam rangkan mendukung Rinjani sebagai salah satu destinasi prioritas NTB. Sebagai destinasi yang diperioritaskan muncul berbagai macam persoalan, salah satunya masalah masalah sampah. Untuk itu, salah satu tujuan dibentuknya Satgas Rinjani Bersih adalah salah satu upaya dalam mengatasi tata kelola sampah para pendaki Rinjani.
Rinjani darurat dampah


Kepala Dinas Provinsi NTB, Lalu Moh Faozal menekankan pentingnya konsistensi & kontinuitas aksi bersih Rinjani. Sebagai destinasi pendakian yang sudah terkenal di Indonesia maupun dunia, Rinjani sudah seharusnya dijaga kebersihannya. Walaupun aksi Rinjani Bersih sudah sering dilakukan berbagai pihak, baik dari komunitas pendaki Rinjani, kelompok-kelompok pecinta alam sampai forum-forum guide dan porter. Entah kenapa setiap tahun sampah menjadi probelem utama Rinjani.
Satgas Rinjani Bersih
Satgas Rinjani Bersih Source: Group GenPi Lombok Sumbawa

Untuk itu saya berharap dari dibentuknya Satgas ini bisa membuat para pendaki memiliki kesadaran yang mendalam bahwa sampah harus dibawa pulang. Bahkan caption tentang menjaga keindahan alam ini tercantum dalam SOP atau prosedur pendakian Gunung Rinjani. Berikut caption yang anda perhatikan dan taati jika ingin mendaki:


  1. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki.
  2. Jangan bunuh apapu kecuali waktu
  3. Jangan ambil apapun kecuali foto
Itulah tiga caption branding yang sering kita lihat di gerbang masuk Taman Nasional Gunung Rinjani. Selengkapnya anda bisa akses SOP dari TNGR di website official mereka di SINI


Sebagai informasi tambahan, gunung Rinjani adalah kawasan utama Taman Nasional (TNGR) yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3726 mdpl dan luas sekitar 41330 ha. Bahkan luas gunung Rinjani diusulkan penambahannya menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. 

Untuk mendaki Rinjani, anda bisa melalui pintu pendakian yang sudah disediakan. Rinjani memiliki 3 (tiga) jalur resmi yang diakui TNGR yaitu: Senaru, Sembalun dan Torean. Jika anda ingin mendaki silakan melalui tiga jalur yang tersebut. Jangan lupa periksa kelengkaapan dan kesediakan bekal kalian. Intinya perhatikan kesopanan dan taati aturan yang sudah ditetapkan.

Kalau bukan kita yang peduli siapa lagi? Keep Sharing dan Selalu Berpikir Positif.

0 Response to "Rinjani Darurat Sampah! Dinas Pariwisata Provinsi NTB Bentuk Satgas Rinjani Bersih"

Posting Komentar