Festival Uma Lengge 2017, Cara Petani di Bima Mengolah Hasil Bumi

Festival uma Lengge 2017
Bangunan Uma Lengge 
Sumber: https://www.instagram.com/p/BXLIYumByPp/?taken-by=genpilomboksumbawa
Uma Lengge adalah sebuah cara atau kearifan lokal dari masyarakat Bima, terutama yang bermata pencaharian sebagai petani. Uma Lengge merupakan sebuah bangunan tempat menyimpan padi hasil bumi mereeka. Ini dilakukan untuk menyimpan persediaan dapur sampai datang masa panen berikutnya.

Selain sebagai sebagai lumbung padi, Uma Lengge adalah panggung khas daerah Bima. Ini merupakan identitas budaya, dimana aktifitas kemasyarakatan Bima dahulu terpusat di area ini. Uma Lengge biasanya dibangun secara berkelompok, sesuai fungsinya yaitu untuk memfasilitasi kegiatan banyak orang. 
Struktur Uma Lengge
Struktur Uma Lengge


Berikut pembagian struktur Uma Lengge yang terdiri dari 2 tingkat: 
  1. Lantai atas berfungsi sebagai tempat penyimpanan padi.
  2. Area bawah atau bale-bale berfungsi sebagai tempat bermusyawarah, menenun kain, dan memisahkan padi dari kulitnya. 



Kompleks Uma Lengge ini memang kesohor di Bima, termasuk juga dalam berbagai buku perjalanan. Uma Lengge di Desa Maria direkomendasikan sebagai salah satu destinasi wisata budaya. Secara harfiah uma berarti rumah, lengge berarti kerucut. Bangunannya bertiang empat dengan atapnya yg terbuat dari ilalang. Ketika melihat dari dekat, orang akan mudah menebak jika Uma Lengge adalah lumbung padi. Uma Lengge terkenal lantaran berada dalam satu kompleks. Memasuki kawasan Uma Lengge ini, seperti memasuki sebuah perkampungan yang sepi. Bangunan rumah berdiri kokoh dan teratur rapi, dengan jalan setapak. Tapi tidak ada penghuninya. Uma Lengge dibangun dalam satu kompleks. Jaraknya cukup jauh dari perkampungan. Bahkan ada Uma Lengge yang pemiliknya tinggal 1 kilometer (km) dari lumbung penyimpanan padi itu. Ada alasan tersendiri masyarakat Desa Maria membangunan Uma Lengge jauh dari rumah mereka. Pertimbangan adalah keamanan dan efisiensi. Dulunya Uma Lengge ditempatkan di dekat rumah warga, satu kompleks di perkampungan. Pada suatu ketika terjadi kebakaran rumah. Karena rumah warga Maria saat itu semuanya rumah panggung, api cepat menjalar. Naas, Uma Lengge juga ikut terbakar. Semua cadangan makanan habis dilalap si jago merah.

Jika anda ingin melihat langsung bangunan Uma Lengge ini, silakan datang ke Bima, Nusa Tenggara Barat yang akan mengadakan Festival Uma Lengge pada tanggal 24 sampai dengan 27 Agustus 2017. Atur trip anda dan nikmati Pesona Lombok Sumbawa.

0 Response to "Festival Uma Lengge 2017, Cara Petani di Bima Mengolah Hasil Bumi"

Posting Komentar